Mengenal Sistem dan Organisasi Linux No ratings yet.


Untuk mengorganisasi file – file pada device diperlukan suatu metode yang disebut dengan File System. Jika anda mengenal FAT di sistem operasi Windows, maka anda akan mengenal beberapa metode file system di Linux, seperti ext fs, ext2 fs, dan lain-lain. Saat ini ext2 fs adalah file system yang banyak digunakan untuk Linux karena sangat efisien. Meskipun demikian Linux tetap menyediakan dukungan terhadap file system lain seperti Ms-DOS yang sudah built in di kernel atau dalam bentuk modul.

Distribusi RedHat juga mengorganisasikan file-file yang diinstalasi dengan baik pula. Secara sederhana organisasi file di RedHat dapat dijelaskan sebagai berikut :

Pada tingkat tertinggi adalah root direktori, /, yang hanya mengandung sejumlah file penting seperti :

/bin & /sbin
Direktori ini menyimpan program-program penting yang digunakan untuk pemeliharaan sistem. Sesuai dengan nama direktorinya, file-file program yang tersimpan di dalamnya adalah file binary yang dapat dieksekusi (executable).
Isi direktori /sbin umumnya adalah program pemeliharaan atau sistem program. Program-program yang disimpan di direktori /sbin ini hanya dapat dieksekusi oleh root.

/etc
Direktori ini menyimpan file-file konfigurasi systemwide yang dibutuhkan oleh program-program lainnya. Juga file-file untuk konfigurasi.

/home
Direktori ini menyimpan direktori masing-masing user yang ada di sistem, termasuk HTTPD. Beberapa sistem Linux menyimpan home user root di direktori ini sebagai /home/root, tetapi ada juga yang menyimpan direktori home user root di direktori / atau root direktori.

/mnt
Umumnya direktori ini mengandung subdirektori-subdirektori yang merupakan sebuah mount point untuk jenis device tertentu, misalnya cdrom/, floppy/, atau zip/.

/tmp
Direktori /tmp untuk menampung file-file sementara (temporary) dan /var menampung bermacam-macam file. Direktori /tmp biasanya juga dimanfaatkan oleh program instalasi saat kita menginstalasi program atau aplikasi. Isi direktori ini bisa saja dihapus setiap saat tanpa menimbulkan pengaruh apapun.

/usr
Berisi semua program dan file yang secara langsung berhubungan dengan setiap user dalam sistem. Direktori /usr/bin dan /usr/sbin menyimak banyak sekali executable. File-file executable yang disimpan di direktori ini memiliki kesamaan fungsi dan jenis dengan file-file di direktori /bin dan /sbin.

SUMBER         : 60 MENIT belajar LINUX & JARINGAN
PENGARANG : Syamsudin M.
PENERBIT       : ANDI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *