Tempat Les Komputer MEMBANGUN JARINGAN LAB KOMPUTER DENGAN LINUX No ratings yet.

Tidak banyak pengelola lab komputer mempunyai kesempatan dan keberanian untuk menginstal semua komputernya dengan linux (atau dua sistem oprasi dalam satu komputer sekaligus, Linux dan Windows). Selain karena kebijakan, juga karena ketidakyakinan banyak orang akan kemampuan Linux dalam mengelola sumber daya secara bersama dalam satu jaringan. Akibat, banyak yang meragukan keberadaan fasilitas yang bisa digunakan oleh pengguna lab komputer nanti.

Beberapa service yang akan dibahas dalam buku ini meliputi NFS (Network File Sharing), LDAP (Lightweight Directory Access Protocol),  penjadwalan proses secara otomatis dengan Cron, penggunaan web server Apache secara bersama untuk semua user LDAP, dan pemancaran  (broadcasting) presentasi menggunakan VNC. Dengan menggunakan service – service tersebut, dapat dikatakan bahwa jaringan akan tersentral, baik untuk validasi user, penyimpanan dokumen, pembantuan backup, dan presentasi.

Istilah jaringan tersentral, meskipun berkesan sedikit negatif  (karena saat ini eranya desentralisasi atau otonomi daerah), tetapi banyak dibutuhkan oleh pengelola jaringan dalam memudahkan user-nya untuk login di komputer yang berbeda. Pengguna bahkan dapat berpindah kerja di gedung lain dengan dokument pekerjaan yang sama tanpa harus memindah komputer yang biasa ia gunakan karena semua dokumenya telah tersimpan di suatu tempat. Hal ini disebabkan data setiap user tersimpan dalam satu lokasi tertentu (tersentral), dengan lokasi kerja yang tidak terikat.

Selain LDAP, sebetulnya ada service yang sudah disediakan di dalam Linux untuk memenuhi kepentingan yang sama. Anda bisa menggunakan  NIS (Network Information System, dulu dikenal dengan YP atau Yellow Pages) dan LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) di dalam CD Linux sebagian satu pilihan yang disarankan. Dalam buku ini, paket program dari OpenLDAP (http://www.openldap.org) dipilih sebagai alternatif dalam proses pembuatan jaringan tersentarl. Selain banyak digunakan, konfigurasi OpenLDAP cukup mudah bagi pengguna awam sekalipun. Dengan langkah-langkah dan visualisasi gambar yang disajikan pada bab selanjutnya, diharapkan tidak sulit bagi pemula untuk menerapkan pengetahuan ini.

Dengan kemudahan ini, pengelola jaringan diharapkan memiliki keberanian untuk meyakinkan diri bahwa membangun jaringan komputer dengan menggunakan Linux adalah pilihan yang benar meskipun berpindah dari sistem operasi yang selama ini telah dikuasai bukanlah sesuatu yang mudah. Berbagai fasilitas yang selama ini digunakan harus juga berjalan pada sistem operasi Linux.

Didalam buku ini hal yang akan diletakan adalah pemanfaatan dan instalasi LDAP dan program pendukung lainya dalam membangun jaringan komputer menggunakan Linux RedHat 8.0.  Buku ini merupakan hasil penelitian penulis pada saat mengelola laboratorium komputer berbasis Linux di ilmu komputer  Unika Soegijapranata. Penulisan buku ini ditunjukan untuk mempermudah pengelola laboratorium komputer, administrator jaringan, ataupun tenaga pengajar dalam eksperimen maupun implementasi Linux ke dalam jaringan komputer di tempat kerja.

Diharapkan masyarakat komputer terutama di indonesia tidak ragu lagi apabila ingin memanfaatkan Linux sebagi satu-satunya pilihan sistem operasi dalam jaringan komputer, karena gratis dan fasilitas yang terdapat di sistem operasi lain juga tersedia pada sistem operasi Linux.

Dalam implementasi LDAP, dibutuhkan bantuan service NFS (Network File Sharing) yang bertugas untuk menghubungkan data di server dengan komputer client sehingga setelah proses autorisasi sukses dilakukan, pengguna dapat menggunakan semua datanya yang tersimpan di server malalui komputer lain. Keseluruhan tahap pembanguan jaringan untuk lab komputer dapat diurutkan sebagai berikut:

1.     Instalasi Linux
2.     Instalasi NFS
3.     Instalasi OpenLDAP di Server
4.     Instalasi OpenLDAP di Client
5.     Instalasi program pendukung

SUMBER         : Membangun Jaringan Komputer Dengan Linux
PENGARANG : RIDWAN SANJAYA, SE, S.KOM
TERBIT            : ELEX MEDIA KOMPUTINDO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *