Linux dan Distribusi Linux No ratings yet.

Kernel adalah inti dari sebuah sistem operasi. Contoh dari tugas kernel adalah untuk memerintah head harddisk agar bergerak ke posisi tertentu dan menuliskan datanya di situ. Kernel juga bertugas menangani agar data di suatu area memori tidak tertimpa oleh data lain sehingga mengacaukan semuanya. Intinya, tugas kernel hampir tidak terlihatan oleh pengguna tapi memegang perana utama dalam menjalankan komputer.

Windows explorer yang menampilkan file-file yang terdapat pada harddisk anda bukanlah kernel. Windows explorer yang selalu tersedia ketika anda menginstall sistem  operasi windows hanyalah aplikasi pendukung kernel. Windows explorer akan menanyakan kepada kernel : ”Hei kernel, file apa saja yang ada di harddisk ini?”. Kernel akan menjawab, ”sebentar, saya perintahkan head harddisk untuk bergeser dan membaca datanya untuk anda”. Setelah kernel mendapatkan datanya, windows explorer akan menampilkan dalam bentuk yang cantik dan enak untuk dilihat

Distribusi linux adalah sebuah paket sistem yang berisi kernel linux dan program-program pendukung agar mudah digunakan. Fedora, ubuntu, mandriva, dkk masing-masing adalah distribusi atau yang sering disebut distro. Anda tidak akan suka dengan kernel karena tidak nyaman untuk digunakan, karena tidak nyaman untuk digunakan, karena itulah anda membutuhkan program pendukung yang disediakan oleh distro-distro ini.

Semua distribusi ini menggunakan kernel yang sama, tapi mempunyai program pendukung yang berbeda-beda sehingga anda akan melihat cara instalasi program, tampilan, serta rasa yang berbeda ketika menggunakan masing-masing distribusi.

Fedora project ? Apalagi itu ?

      Banyak lagi distro linux nyang beredar di pasaran. Jumlahnya bahkan melebihi  400 distro! Di antara sekian banyak distro yang ada, Ubuntu, SUSE, Mandriva, dan tentu saja Fedora, adalah  distro-distro top dunia

Berbeda dengan nama linux yang begitu terkenal . Fedora masih tergolong baru dalam dunia sistem operasi . pernah mendengar nama redhat? Keterlalauan jika belum pernah mendengar nama redhat. Redhat adalah  salah satu nama distro linux generasi  awal yang paling terkenal.

Fedora dilahirkan sebagai penerus dari redehat Versi 9, Untuk mudah nya bisa dikatakan bahawa Fedora awal adalah Redhat Versi 10, Fedora adalah vesi Redhat yang tersedia  secara  gratis dan  dibangun oleh komunitas dunia yang yang disponsori namun tidak di support  oleh redhat.

Redhat Enterprise Linux merupakan Versi komersial yang mendapatkan dukungan secara penuh dari Redhat Inc.sistem operasi ini dijual dengan harga yang cukup murah  (RHEL 5 seharga U$$ 345). Sistem operasi  ini juga mengambil fitur-fitur  dari Fedora yang dianggap sudah bagus dan stabil.

Benar, Fedora  bisa dikatakan sebagai  sistem operasi yang menjadi  sapi perah dan kelinci percobaan untuk Redhat Enterprise Linux, akan tetapi sebagai pemakai kita mendapat  keuntungan bisa mempelajari  teknologi – teknologi baru terlebih dahulu, karena Fedora selalu di Upgrade  setiap 6 bulan  sekali dan software – software terbaru dan biasa sudah terinstall  didalamnya.

Sekian dari saya mohon maaf jika ada kesalahan
Terimakasih 🙂

Penulis                  :  Sari Febriyanti
Pengarang / Judul  :  Jasakom / Zero To Hero Fedora
Halaman               : 5-6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *