Peran Sistem Informasi Dalam Bisnis No ratings yet.

            Sistem informasi memiliki 3 (tiga) peran yang vital dalam suatu bisnis yaitu:

1.       Mendukung Operasi Bisnis
Pada bagian akunting, SI digunakan untuk mencatat order customerm,menyediakan informasi bagi pihak manajemen dalam operasi bisnis yang digunakan sehari-hari.Respon yang lebih cepat menjadi sangat penting,dikarenakan kemampuan sistem operasi untuk menggabung dan menginteraksikan informasi menjadi hal yang krusial.
Sebagai contoh:kemampuan dalam mengatasi perubahan dalam item produk penjualan sebagai hasil dari pengembanganperusahaan akan  mempengaruhi bagian inventori dan sistem pemesanan (ordering) dan dengan SI maka semua item akan selalu terjaga tingkat ketersediaannya.

2.       Mendukung dalam Pengambilan Keputusan Manajerial
Sistem informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu proses bisnis menjadi lebih baik.Informasi tersebut juga dapat membantu seorang manager  untuk mengidentifikasi tren dan mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya .SI membantu seorang manager  agar dapat lebih baik,lebih cepat,dan lebih banyak informasi  yang dihasilkan.

3.       Meraih Keuntungan Strategik
Sistem informasi didesain untuk suatu tujuan yang strategik  yang akan membantu perusahaan/organisasi  dalam meraih keuntungan pasar (marketplace) yang kompetitif.Kebutuhan akan SI suatu organisasi dari tingkat terendah sampai tertinggi: Database information system,Transaction Information system,Managemen Information System,Decision Support System , dan Executive Information System.tiap tingkatan pemrosesan informasi bisa menggunakan data yang dihasilkan tingkatan dibawahnya atau menmbahkan data baru, tetapi tidak dapat menggunakan data diatasnya.

Jenis-jenis Sistem Informasi

        Ditinjau dari aplikasinya dan penggunaan dalam berbagai bidang , sitem informasi dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
1.       Routine Processing System (RPS)
Routine Processing System digunakan untuk melayani berbagai kebutuhan yang  telah terdefinisi dan terjadwal secara rutin.

2.       Decision Support System(DDS)
Decision Support System digunakan untuk melayani kebutuhan yang tidak dapat didefinisikan dengan baik dan biasanya terjadi pada saat perancangan.

3.      Classical Management Information System(CMIS)
Classical Management Information digunakan untukmelayani kebutuhan pembuatan pelaporan kegiatan yang telah terjadwal dan terdefinisi dengan baik

4.      Real Time Information System(RTIS)
Real Time Informatio System digunakan untuk melayani kegiatan yang mempunyai sifat harus direspon dengan cepat.
5.       Distributed Data Processing System(DDPS)
Distributed Data  Processing System digunakan untuk melayani kebutuhan yang tersebar  secara geografis  dengan sumber daya  yang terbesar

6.       Transaction Processing System(TPS)
Transcation Processing System digunakan untuk melayani kegiatan yang bersifat transksional yaitu membawa perubahan terhadap kondisi  sistem yang ada.
                Penulis: Sukni
                Pengarang: Andri Kristanto /Perancangan sistem informasi dan aplikasinya

                Halaman:15-16

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *