Aturan Dasar linux No ratings yet.

Sebelum benar-benar memasuki linux,kita harus mengetahui
Beberapa hal yang sangat mendasar di linux,antara lain :
              
·     `  Mount
Linux akan melakukan mount (pembacaan file ke dalam memori)terhadap semua file yang diakses. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pengolahan datanya. Tetapi adalah sangat fatal akibatnya jika komputer mati dengan tiba-tiba tanpa sempat melakukan unmount(pengembelinya data yang ada di memori ke media sesungguhnya).Hal ini biasa mengakibatkan kerusakan padafile yang terbuka.
·       Peralatan
Linux tidak mengenal peralatan apa pun, seperti harddisk,disket,printer,port,mouse, dan lainnya. Semuanya akan diberlakukan sebagai file/derektori.
·       Nama file
Tidak ada aturan khusus yang mengatur penamaan file di linux. Kita bisamemberi nama file yang cukup panjang, maksimal sebanyak 256 karakter.Tidak ada ekstensi khusus bagi masing-masing file. Tidak seperti halnya di DOS atau Windows yang memberikan ekstensi, serta.com dan EKE untuk file yang dapat dijalankan. Di linux kita bebas memberikan ekstensi dan tanda’.’(titik) bisa digunakan berkali-kali untuk satu nama file seperti   ‘ini.bukan.file.txt’ (yang berekstensi. Txt)bisa dijalankan di linux seperti halnyafile yang berekstensi. Com atau .EXE di DOS atau Windows.
·       Case sensitive

Hati-hati mengetikkan perintah, nama file atau direktori di Linux. Sebab menerapkan ‘case sensitive’, dimana antara huruf yang sama saja, kita bisa memiliki 9 nama file yang berbeda,seperti ‘abc’, ,ABC’, dan seterusnya.

PENULIS : Mahdi
by : Operasi Sistem linuk/Andreas J.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *